10 Fakta Sains Yang Salah Total

10 Fakta Sains yang Salah ~ Apakah kalian percaya akan semua pelajaran IPA saat di SD atau di SMP ? Saya kurang percaya lho, karena ga semua di IPA itu benar, bukti yang simple aja yaitu mengapa kita harus menghitung jumlah kecepatan, toh kita besar nanti tak mempedulikannya, bukan hanya itu sob, masih ada 10 Fakta lain yang salah total yang ada di Sains, seperti yang dibawah ini,,

1. Water is Blue, not just because of the Sky
Yang tak tahu artinya bisa ke Google Translate, tapi jangan deh, saya artikan Air itu BIRU, Bukan hanya karena langit, yaa kalian pasti pernah pada waktu pelajaran di SD bahwa air laut itu biru karena refleksi cahaya dari langit yang biru juga,
Sebenarnya hal itu salah total, karena Air Danau, Laut dan lainnya yang berwarna biru adalah benar-benar biru. Cahaya yang di serap dari langit itu lebih mencolok ke dasar warna merah, sedangkan warna biru lebih sedikit dibanding merah, jadi kemungkinannya sedikit sob.

2. Listrik tidak Bergerak dalam Kecepatan Cahaya
Nah ini pelajaran saya kemarin kelas 8 SMP lho, tapi kebuktian ini sudah dianggap salah total, bagi yang belum mengerti, saya bisa jelasin. Seperti judulnya, banyak sekali di buku IPA bahwa elektron bergerak melalui arus kabel pada kecepatan cahaya. Nah, disitulah letak kesalahannya, bahwa faktanya bahwa karena kecepatan elektron itulah yang membuat bisa bergerak di kabel, tapi ingat, bahwa kecepatan cahaya yang lebih cepat dari elektron.

3. Musim dianggap Mengikuti Periode Yang sama
Agak bingung ya dengan kata diatas ? Mitosnya kalau bumi itu bergerak cepat ke arah orbitnya. Jadi beberapa musimlah yang paling cepat terjadi, sedangkan di Mars yang orbitnya esentric, perbedaannya sangat besar.

4. Saturnus Bukanlah Satu-satunya Planet yang Punya Cincin
Emang benar ? Benar sob !! Bukan hanya saturnus lah yang punya cincin di pingggiran planetnya. Faktanya, Jupiter, Uranus, dan Neptunus juga punya cincin, tetapi cincin Saturnus lebih besar dan mudah terlihat.

5. Kamu tidak akan Terkena Flu Karena Udara Dingin
Fakta terdahulunya, udara dingin menyebabkan Flu berkepanjangan. Tetapi nyatanya, itu tidak ada hubungannya sedikitpun, karena Flu itu karena adanya virus, bukan tergantung karena temperatur.

6. Meteor Tidak Panas ketika Masuk ke Bumi.
Anda pernah lihat beberapa film seperti '2012' dan Superman yang menunjukkan Meteor jatuh ke bumi ? Dan di film itu meteornya berapi dan panas. Faktanya, meteor tidak panas ketika masuk bumi, tetapi masih hangat, dikarenakan kecepatan meteor sudah melumerkan permukaannya, jadi tidak bisa terbakar.

7. Sebelum Colombus, orang sudah Tahu Bahwa Bumi Tak Datar
Pada pelajaran kelas 5 SD, saya ingat ketika guru mengatakan bahwa Colombuslah yang membuat orang percaya akan bumi tak datar. Tapi itu salah besar sob, faktanya para pelaut selain dirinya sudah tahu bahwa bumi itu bulat. Tetapi para pelaut tidak mendukung tentang pernyataan Colombus tentang jarak dari India ke Amerika. 

8. Awan tak terbentuk karena Temperatur Udara
Mengenal pelajaran SMP kelas 8, bahwa Awan terbentuk karena terkumpulnya uap air dan jatuh sehingga terjadi hujan. Tetapi itu salah, karena faktanya keadaan sekitar (udara dan air ) yang membuat kelembapan dan membentuk gumpalan besar di udara yang disebut Cloud ( Awan )

9. Tembok Besar China tak Terlihat dari Angkasa
Siapa sih yang pernah bilang Tembok RRC itu bisa dilihat dari Angkasa ? Jika ada, berarti dia salah besar sob !! Karena astronot Apollo menyatakan kalau tak satupun benda buatan manusia terlihat dari angkasa, melainkan saat orbit rendahlah yang bisa terlihat dari angkasa, itupun bukan hanya Tembok RRC, tapi gedung, kapal di laut dan benda lain juga bisa dilihat.

10. Tidak ada Sisi yang selalu Gelap Dari Bulan
Tidak selalu sisi bulan yang gelap benar-benar gelap selamanya lho sob, karena bulan selalu mempunyai waktu yang sama saat berotasi satu kali terhadap sumbunya dengan rotasi di bumi. Jadi bulan mempunyai sisi jauh/belakang/gelap/luar, karena selalu memberikan bagian permukaan yang sama ke bumi ketika berotasi. Saat bulan diperkirakan berada di antara Matahari dan Bumi, itu dalah waktu ‘siang’ di bagian sisi jauh/luar/belakang bulan dan waktu malam untuk sisi bagian yang menghadap ke bumi. Saat Bumi di antara matahari dan Bulan, bagian yang jauh mengalami waktu ‘malam’ dan ‘waktu siang’ untuk bagian yang menghadap bumi.
Ngerti kan ? 

nb : Jika yang butuh video unik, menarik, lucu, hantu, menyeramkan, video clip sebuah band. Semua ada di snap-tube dicek dulu yaa, =D


4 komentar:

  1. hehehehe...
    ane ank IPA wktu SMA, tp cm label doank...
    jd gak ngrti ma yg bgtuan...
    yg pnting ujian, nyontek, dpt nilai aja...
    :p

    BalasHapus
  2. @Muhammad : hahahahah,,
    anak IPA juga toh

    BalasHapus